menjelang 5 taun si porter (tiger revo) berawal daari perbincangan dgn seorang teman yg mengatakan “bentar lagi turun mesin donk, udh 5 taun, lama jg ya..” sebenarnya ga lama jg,, karena klo sering dipake emang ga kerasa 🙂 nah dari perkataan temen saya ini, jd ingat saat pertama kali tiger datang dari dealer, langsung saya baca baca mantra buku panduan maksudnya,, disitu hanya tertulis bahwa pabrikan tdk merekomendasikan turun mesin, yg ada hanya servis rutin secara berkala.
soal servis berkala, si porter rajin kok tiap 2 bulan sekali servis, yah telat telat lambat 1,5 bulan laah,, paling lama pernah sampe 2 bulan,, itupun pas bulan puasa, wajar sih,, motor jd jarang kepake, lantaran libur panjang tdk ngampus.. jadinya menurut saya, turun mesin jadi tdk perlu karna rajin servis,, klo merasa ada yg kurang joss kan bisa langsung diganti,, dibanding klo harus turun mesin, weddeeww,, semua daleman part harus diganti (ga semua jg sih kyknya)..
nah klo menurut bro semua gimana?? turun mesin itu jadi hal penting atau ngga ya..
turun mesin itu jadi hal penting atau ngga ya..
****
Enggak perlu kalau dalemannya masih bagus
mubazir dan buang uang cuma-cuma
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/09/yamaha-xenter-matic-keren.html?m=1
bereess.. 🙂
megison mau 5 tahun, km juga masih muda 98000 km aja
kalau terpaksa minta turun mesin ya sudah, tapi kalau masih sehat2 saja? 😀
perihal turun mesin di usia motor 5 taun an ke atas emang sering terdengar,, 😕
perlu bro tp kalo daleman mesin udah rontok hehe
wah,, itu ketauan ga pernah servis
turun mesin cuma perlu kalo kompresi udah lemah 🙂
selama mesin masih maknyus yo ndak perlu turun, kayak Shogun 1997 pakde saya, dari 1997 sampai 2012 (sekarang) blom pernah turun mesin 😀
padahal udah 314876 km tuh (odometer sampe restart berkali-kali)
http://zulfauzi.blogspot.com/2012/09/pengamen-yang-super-kreatif.html
makasih broo.. mantap nih,, pembuktian konkrett !!
nah itu dia bro, pencegahan lbh baik dr mengobati. rajin dirawat lifetime mesin bs diperpanjang..
mungkin tepatnya servis besar kak mottobiker
jadi katanya mesin dibongkar terus dalemannya dicek satu satu
itu kalau buat rider buta mesin kayak ane 😀
tapi kalau misalnya kak motto paham mesin, dan tahu parts mana yang rusak, ya lebih enak lagi
kalau ada yang bermasalah, langsung servis dan ganti parts 😀
wah ane pun ga paham bener sama mesin,, paling klo tarikan dirasa kurang enak bukan digeber ya,, baru cek,, thx masukannya,,
Kalo mnrt w turun mesin itu sifat’a kondisional, g bs ditentuin oleh waktu pemakaian, jd bs kurang ato lebih dr 5 taun. Gmn kondisi motor j gitu, tp dg pemakaian standar motor yg life time’a udh 5 taun, biasa’a bnyk part2 yg minta d ganti.
iyaa part mesin aus itu emang wajar broo,, siipp
tergantung dari kerusakan part dalemannya, paling cuma kampas kopling, rantai keteng ma oli aja hehe
kanaknyangket.blogspot.com/2012/09/yamaha-rx-king-motor-haram-yang-bener.html?m=1
untuk rantai,, tiger emang hrs ekstraa..
sebenarnya kapan harus servis besar itu bisa kita prediksi sendiri, kita rasakan aja performa dan keadaan motor kita. 🙂
terlebih konsul sama orang bengkel resmi atau non-resmi yg kita kenal. disitu kan kita bisa dapet solusi2 yang cukup membantu. 🙂
pengalaman..