halo broo,,
kelas superbike lagi anget-angetnya nih,, setelah Yamaha update r1 terbarunya yg radikal utk versi 2015, Kawasaki yg out of the box dengan mesin 1000cc supercharge,, Honda dgn street legal rc213v nyaa,, wuih sereeem ,,seakan pabrikan Jepang bergerilya terhadap motor eropa di ajang EICMA yg memang diadakan di benua biruu,, pabrikan eropa ga tinggal diam bro, merasa ajang ini merupakan ajang pamer unjuk gigi dan kekuatan, masing-masing pabrikan eropa jg merombak seri top of the line motor mereka salah satunya si panigale ini yg ternyata naik cc lebih tepatnya 87cc,, jeroan mesin dipastikan berubah nih!!
ok, menurut motorcycle-usa.com kenaikan cc si panigale ini berkat bertambahnya ukuran bore piston sebesar 4mm sedang panjang stroke tetep sama,, power pun naik jadi 205hp bandingkan dengan seri top line panigale dulu yakni panigale superleggera yg memiliki power 200hp,, seri terbaru lebih kuat 5hp pdahal ini masih versi standar loh,, beringaaasss.. belom lagi knalpot akrapovic sebagai partner knalpot standar utk panigale terbaru ini menggantikan termignoni,, diklaim mampu menaikkan power puncak sebesar 3% dan 10% untuk mid-range powernya,,
perangkat elektronik pun masih sama selengkap dulu, ducati quick shift (DQS), ducati wheelie control (DWC), engine brake control (EBC) dan masih banyaak fitur elektronik lain khas motor eropa,, pembeda antara panigale 1299 versi S dengan standart ialah, pada versi S digenggam dengan merk Ohlins NIX30 di bagian depan, ohlins TTX36 pada bagian belakangnya,, sedangkan pada versi base-nya mengadopsi merk Marzocchi ukuran 50mm dan Sachs yang keduanya bisa di-adjustable,, sedang daya pengereman tetep dipercayai merk brembo M50,, Ducati panigale 1299 baru akan hadir pada februari atau maret taun waktu perilisan yg sama dengan yzf r1 terbaru,, hayoo pilih mana??
nggak pilih dach…sama-sama belum mampu beli, hehehe 😉